Dampak Budaya Populer

on Rabu, 22 Juni 2016
Adanya budaya populer berpengaruh secara langsung kepada pola hidup masyarakat sehari-hari. Nah, untuk itu mari kita mengetahui dampak-dampak atas munculnya budaya populer di sekitar kita!

1. HEDONISME
Apa itu hedonisme? Nah, hedonisme ini dapat dipahami sebagai sikap yang selalu mengikuti hasratnya terhadap sesuatu. Berkaitan dengan budaya populer, masyarakat cenderung membeli sesuatu berdasarkan keinginannya untuk memiliki, tetapi tidak memandang kebutuhan dan fungsi dari budaya yang diikutinya.

2. SEKULERISME
Sekulerisme dipahami sebagai sikap yang mengesampingkan nilai-nilai keagamaan untuk berperilaku. Contohnya yang dapat kita lihat, adanya budaya populer telah mempengaruhi gaya berpakaian beberapa remaja muslim yang diajarkan untuk menutup aurat dengan menggunakan hijab, tetapi akibat adanya budaya populer yang sempat membuat trend menggunakan hot pants membuat beberapa remaja muslim mengenakannya meskipun itu berarti membuka aurat yang tidak sesuai dengan ajaran agama Islam.

3. ALIENASI
Alienasi dimaksudkan bahwa para pengguna budaya populer akan terasing dari dan dalam kenyataan hidup, dengan demikian ia juga kehilangan dirinya sendiri dan larut dalam kenyataan yang ditawarkan oleh produk budaya.

4. PEMBODOHAN
  Pembodohan terjadi karena waktu terbuang tanpa mendapatkan pengalaman baru yang dapat dipetik sebagai pelajaran hidup yang berguna. Contohnya penggunaan gadget yang tidak bijaksana akan membuat penggunanya menghabiskan waktu untuk sibuk bermain dan menunda tanggung jawab yang dimilikinya.







5. OBJEKTIVASI
Objektivasi dimaksudkan bahwa para pengguna budaya populer tersebut hanya menjadi objek, yaitu penderita yang tidak memiliki peran apapun dalam pembentukan simbol budaya. Ia hanya menerima produk budaya sebagai barang jadi yang tidak boleh berperan dala mbentuk apapun.

0 komentar:

Posting Komentar